Udang Bumbu Cabe

Udang itu memang dasarnya enak, dimasak apapun tetap enak tapi udang yang segar ya. Sebaliknya kalau tidak segar dimasak seperti apapun rasanya kurang sedap, kurang gurih dan bau amis, pengalaman beberapa kali beli udang tidak segar karena tidak bisa bedain. Setelah berkali-kali salah barulah bisa bedain. Maklum sebelum nikah paling ga suka bantu – bantu di dapur.

20150114_073818
Udang bumbu cabe

Ciri-ciri udang segar, warnanya bening, kalau udangnya bergaris hitam tebal tetap terlihat, kenyal,  kalau ditekan padat, sebaliknya udang yang sudah tidak segar saat dipegang lembek, warna agak kusam dan berbau amis.

Salah satu olahan udang favorit saya adalah di goreng tepung semacam peyek dengan aroma daun bawang. sayangnya sampai saat ini saya belum bisa bikinnya. pernah coba bikin jadinya kurang renyah, kata Ibu harus pake tepung beras, ukurannya? ya dikit aja dikira-kira. Ya, begitulah kalau nanya resep sama Ibu jawabnya, dikira-kira.

Dan yang cocok memang hanya udang tepung buatan Ibu, kalau beli di warung atau resto padang, rasanya tetap tidak selezat buatan Ibu – mungkin sugesti ya hehehe. Tapi bukan itu sih kalau beli rasanya giung karena kebanyakan msg, ehm mungkin pake tepung instan yang dasarnya memang sudah bermsg tinggi.

Well, saya tidak anti makan makanan pake msg tapi tidak kuat kalau kebanyakan, jadinya mual. Itu juga alasan saya kalau kulineran pilih-pilih, biar kata orang dikata orang bubur  si X (misalnya) enak kalau pas dicicipi enaknya karena msg, menurut lidah saya kurang sedap. Lha malah ngomongin msg. Balik lagi ke udang ya teman. Udang tumis ini praktis dan bisa pake takaran bumbu kira-kira ala Ibu saya. Bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, daun jeruk dan lengkuas (biar harum).

Iris semua bumbu, tumis, lalu masukkan udang yang sudah digoreng setengah matang. Aduk-aduk, koreksi rasa tambahkan garam.

Hidangkan dengan nasi hangat dijamin, enakk…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: