Dendeng Balado Basah

Dendeng balado basah, salah satu masakan padang favorit saya karena cara memasaknya lebih singkat daripada rendang. Masakan ini memang kalah pamor sama rendang tapi soal rasa tidak kalah enak.

Saya belajar memasak dendeng balado basah dari tantenya Pak suami yang memang menguasai hampir semua resep masakan padang dan pernah membuka rumah makan padang. Menurutnya harus ada penerus dalam keluarga yang bisa memasak dan mewarisi resep keluarga. Tidak hanya saya yang diajari, semua menantu dan keponakannya juga.

DSC07414
Dendeng Balado

Dendeng balado buatan saya  belum mirip rasanya dengan buatan tantenya Paksu, kadang bumbunya pun saya kira-kira jika malas menimbang hehhe.

Berikut resep dan cara membuatnya;

Bahan

1 kg daging, iris sangat tipis (minta tukang daging mengirisnya karena dia memiliki pisau khusus untuk membuat irisan daging setipis mungkin).

1/4 kg cabe merah keriting (jika ingin pedas tambahkan kira-kira sepuluh buah cabe rawit merah)

1 ons bawang merah

1/2 ons bawang putih

2 lembar daun jeruk

2 batang serai

2 lembar daun salam

1 rus jari lengkuas

Gula dan garam secukupnya

Cara membuat

Haluskan dengan blender, cabe merah keriting, bawang merah dan bawang putih.

Masukkan kira-kira 200 ml minyak kelapa ke dalam wajan, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu harum. Masukkan irisan daging satu iris satu iris dengan cara dibentangkan (jangan sampai daging menggulung), tekan dengan suntil agar daging tidak menggulung.

Setelah semua irisan daging dimasukkan ke dalam wajan, tekan dengan suntil agar semua daging terendam dalam minyak. Biarkan beberapa menit hingga daging kaku dan tidak menggulung. Tambahkan air panas kira-kira dua gelas, tutup wajan. Sesekali aduk agar bumbu tidak mengerak. Jika air sudah menyusut tambahkan irisan tomat, jika akan ditambahkan kentang, masukkan kentang saat daging setengah empuk.

20170621_145007
penambahan kentang dan tomat

Jika air sudah menyusut dan daging belum empuk tambahkan air panas. Tambahkan gula dan garam, koreksi rasa. Jika suka gurih bisa ditambahkan penyedap rasa sesuai selera.

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Dendeng Balado Basah

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: