Nastar Keju No Oven

Sebenarnya trauma bikin nastar karena pernah bikin adonannya ga bisa dibentuk. Tiap kali di bentuk bulat pecah atau retak-retak. Nanas jadi belepotan keluar-luar.

Tapi nastar itu kuker Pak suami dan hanya kuker nastar yang mau dia makan, yang lain cumam icip-icip. Si sulung juga suka dan mulailah merengek-rengek minta kue yang dalamnya nanas. Maju mundur cantik mau bikin.

“Mamanya capek, Ka.”

“Ya udah kalau mama capek tulisin aja resepnya nanti Kaka yang bikin. Tinggal campur-campurkan?”

Hadeuh kayak bisa aja.

DSC07384 (2)

Searching resep eh ada lombanya juga, ya udah eksekusi kalau gagal, minimal sudah meredakan rengekan Kaka dan dia jadi tahu begini loh bikin nastar.

Tapi ini resepnya no oven, emang bisa bikin kuker tanpa oven? Jadi maju mundur cantik lagi … setelah mikir-mikir (cuma bikin kue kebanyakan mikirnya ini), akhirnya eksekusi. Ovennya diganti dandang atau pengukus, saringannya berfungsi sebagai loyang. Tanpa dipanaskan tanpa air.

Anak-anak menepati janjinya mereka bantuin sampai selesai. Mama cuma ngadonan dan manggang. Tapi karena anak-anak yang ngerjain, bentuk nastar tidak seragam dan belepotan (beberapa nastar, nanasnya keluar). Untuk adonannya sendiri, rekomendasi banget, lembut dan lentur, jadi saat dibentuk tidak pecah.

Senang lihat anak-anak happy main di dapur walaupun Mama jadi lebih capek beres-beresnya belum lagi itu cucian celemek. Sabar, lagi pula anggap saja ini pembelajaran bersama, anggap saja memberi anak-anak kesempatan bereksplorasi, biar mereka menemukan hal yang disukainya. Iya sih…Baiklah…

Berikut resepnya – saya ambil  dari http://www.blueband.co.id/resepnooven

Bahan

2 kuning telur

150 g blueband cake and cookie

200 g tepung terigu

2 sdm tepung maizena

2 sdm keju cheddar parut

1/2 sdt vanila bubuk

25 g susu bubuk

selai nanas secukupnya

 

Lapisan

Kalau di resep aslinya memakai karamel, saya hanya kuning telur dan keju parut.

Cara Membuat

Kocok kuning telur dan mentega (saya pake mixer). Masukkan tepung terigu, maizena, susu, dan keju. Aduk dengan spatula hingga adonan bisa dibentuk.

Bulat-bulatkan adonan, isi dengan selai nanas. Lapisi atasnya dengan sapuan kuning telur dan keju cheddar parut.

Tempatkan nastar di atas saringan dandang yang sudah diolesi blueband. Panggang di atas dandang tanpa air dengan api kecil.

Berani mencoba bikin kuker tanpa oven?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: