Bakwan Baso So Good

Ada yang merasa tidak lengkap jika buka puasa tanpa gorengan? Tahu isi dan bakwan dengan cabe rawit atau sambal kacang, ehm nikmat banget rasanya, minumnya teh pahit hangat. Buat saya itu mah kenikmatan hakiki hehehe.

Oh ya ngomongin gorengan, teman – teman lebih suka beli sendiri atau bikin? Bikin sendiri memang ribet tapi lebih sehat, pertama karena  minyak digunakan baru atau minimal setelah satu kali dipake. Kedua, bisa di goreng dengan teknik yang benar sehingga tidak banyak minyak yang menempel pada gorengan. Kebanyakan minyak yang menempel pada makanan selain tak sehat menimbulkan rasa yang tidak enak.

Alasan – alasan itu yang membuat saya lebih suka membuat gorengan sendiri selain saya punya standar gorengan enak sendiri hehehe. Jadi begini, ibu saya dulu (puluhan tahun Ibu jualan – setelah kelima anaknya beres sekolah barulah Ibu berhenti jualan) penjual risoles, bakwan udang,  donat dan tahu isi yang dititip –titip di toko dan kantin, selalu laris karena gorengan buat Ibu tidak berminyak saat di makan, garing tapi tidak keras, rasa gurihnya ga micin karena Ibu selalu membaut adonan dengan bumbu bawang putih dan merica, pokoknya rasanya home made. Karena terbiasa makan gorengan dengan standar itu saat beli gorengan di tempat lain yang minyaknya menempel banyak (jadi seperti bisa diperes) saya kapok jajan gorengan sembarangan.

Tapi kan membuat sendiri ribet? Iya sih. Nah biar ga ribet saya menyiasatinya dengan tidak membuatnya setiap hari, sekalian mengurangi konsumsi gorengan. Kedua, buat gorengan dengan jumlah secukupnya.

Boleh baca Resep Risoles Enak

Sedikit tips membuat gorengan enak ala Ibu saya

Bumbu tidak sekedar garam atau  micin juga bawang putih dan merica. Bawang putih, garam dan merica diulek halus tambahkan pada adonan. Jumlah bawang putih dan merica disesuaikan dengan banyaknya adonan. Untuk satu mangkok sedang adonan, bawang putihnya kira – kira 3 buah dan merica ½ setengah sendok the.

Tambahkan telur. Jadi sebelum campuran sayuran dan terigu ditambahkan air, tambahkan dulu telur, aduk rata. Jika kekentalan sudah pas tidak perlu ditambah air. Telur tidak hanya membuat rasa bakwan lebih enak juga menggembang dan warna bakwan jadi cantik, kekuningan gitu.

Kekentalan adonan bakwan pas, tidak terlalu encer atau padat.

Teknik menggoreng yang tepat.  Agar tidak terlalu berminyak saat menggoreng suhu minyak sekitar 90 derajat celcius, jadi panas banget. Menggoreng dengan minyak panas akan membuat bagian luar pori – pori makanan tertutup sehingga bagian dalam  makanan terasa lebih gurih dan enak.  Jangan menggunakan minyak sisa menggoreng yang sudah lebih dari 3 hari dan te;ah berkali – kali dipake.

Bakwan Baso So Good, gorengan  tanpa digoreng

20180613_212311-1852x1296
Bakwan baso So Good

Untuk yang benar – benar harus mengurangi  makan gorengan  tapi pengen makan gorengan mungkin teman – teman bisa coba resep bakwan Baso So Good ini.

saya memilih menggunakan Baso So Good untuk tambahan proteinnya selain ingin membuat variasi mengolah baso So Good selain untuk campuran mie goreng atau sop. Baso So Good rasanya enak dan dagingnya terasa.

Memilih produk So Good karena kualitasnya terjamin, higienis dan diproses dengan teknologi tinggi sehingga kandungan protein tetap terjaga.

Tekniknya seperti memanggang, jadi cetakan hanya diolesi minyak. Cetakan yang digunakan bisa cetakan kue lumpur atau martabak mini. Waktu memasaknya singkat dibanding menggoreng karena jika kelamaan malah gosong. Nah agar sayuran dalam bakwan tetap matang walaupun proses memasak sebentar, sayuran diblansir dulu.

Blansir adalah teknik merebus sayuran hingga setengah matang, caranya masukkan sayuran pada air yang sudah mendidih,  setelah sayuran setengah matang, tiriskan dan masukkan ke dalam air dingin untuk menghentikan proses pematangan. Sayuran rebus tetap segar dan kandungan vitaminnya terjaga.

Bahan

Baso so good potong menjadi 2, rebus dalam air mendidih selama kurang lebih , tiriskan.

 Segenggam macaroni, rebus, tiriskan.

Sepotong jagung dan 5 buah buncis baby, blansir, potong.

Daun bawang seledri satu tangkai

1 butir telur

4 sdm terigu

Haluskan; tiga  bawang putih dan ½ sdt merica butir

Garam secukupnya

Minyak untuk olesan

20180613_212505-2135x1278
Bahan

Cara memasak

Campurkan semua adonan , aduk rata.

20180612_134354-2304x1296
Campur semua bahan

Panaskan cetakan, olesi minyak. Masukkan satu sendok adonan bakwan, letakkan sepotong baso diatasnya.

20180613_213033
Panggang dalam cetakan

Tutup cetakan selama 10 menit, matikan api, balikkan, tutup, nyalakan lagi dengan api kecil kurang lebih 5 menit, angkat.  Hidangkan selagi hangat dengan saos sambal, cabe rawit atau bumbu kacang.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: