Talem Labu Kuning

Cobain bikin talem labu kuning ternyata tidak seribet kalau baca resep, caranya dimodifikasi biar gampang 😀 soal rasa enak . Bisa dinikmati dingin atau hangat. Cucok buat buka puasa. Rasanya manis dan lembut. Oh ya labu kuning kaya serat jadi bagus banget buat pencernaan.

Bahan
250 gram labu kuning
2 sdm sagu
1 sdm tepung beras
100 ml SKM (bisa diganti gulpas)
50 ml @karasantan.id
50 ml air (optional jika adonan terlalu kental)
Daun pandan

Cara membuat

Kukus labu kuning lalu haluskan dengan sendok (labu kuning lembut banget jadi ga perlu chopper atau blender)
Tambahkan sagu, tepung beras, skm, air dan santan KARA. Jika adonan terlalu kental bisa tambahkan sedikit air.

Masukkan ke dalam cetakan atau loyang yang sudah diolesi minyak, beri daun pandan. Kukus selama kurang lebih 20 menit.

Sajikan hangat atau dingin. Cocok untuk hidangan berbuka puasa

Ketan Srikaya

Salah satu makanan/jajanan khas Indonesia berbahan santan, Ketan Srikaya. Paduan rasa manis, gurih, lengit dan lembut, ga cukup makan satu potong. Perdana bikin ketan srikaya dan langsung enak, auto pengen bikin lagi 😋

Ketan srikaya adalah makanan khas Padang Sumatra Barat tapi ada juga literatur yg menyebutkan berasal dari Palembang. Saat bulan ramadhan jajanan ini banyak dijual sebagai camilan takjil.
Resep Ketan Srikaya

Santan yang digunakan santan @karasantan.id .id, karena santan KARA kental banget jadi saya tambahkan air pada resep.

Bahan 1
250 gram beras ketan
100 ml santan KARA
50 ml air matang
1/2 sdt garam

Bahan 2
150 ml santan KARA
50 ml air matang
150 ml air daun pandan + daun suji (5 lembar masing daun pandan dan suji blender dgn 150 ml air, saring)
5 sdm tepung maizena
3 sdm tepung terigu
2 telur
125 gram gulpas
Cara membuat
Bahan 1
Rendam beras ketan selama 5 jam . Cuci kukus 20′. Angkat masukkan garam, santan dan air, aduk hingga meresap. Kukus lagi selama 15′ dalam loyang yang dialas daun atau kertas roti.

Bahan 2
Campur air daun suji pandan, tepung terigu, maizena dan telur, di dalam panci. Campur hingga rata. Masukkan santan dan air, lalu gula. Panaskan hingga gula larut dan campuran susut airnya, mendidih. Angkat.
Lapiskan ke atas lapisan ketan. Kukus lagi selama 20′. Sajikan setelah dingin. Oh ya saat dipotong sebaiknya dalam keadaan dingin jd dan pisau dioles minyak jado ga lengket.

Puding Jagung Keju

Camilan untuk menemani anak – anak belajar di rumah, kaya serat dan bernutrisi; Puding Jagung Keju.

Resep ini sekalian diikutkan lomba resep Indomilk di Instagram. Lagi semangat belajar motret, ikut lomba – lomba jadi tambahan penyemangat, semoga aja nyangkut ya hehehe. Yang mau ikutan yuk cus…DL masih tertengahan Mei .

Bahan
1 sachet agar agar putih
1 kuning telur
3 bonggol jagung, pipil
250 ml Indomilk
50 ml indomilk (untuk fla)
800 ml air matang
50 gram keju cheddar parut

Cara membuat
Pisahkan 3 sdm jagung pipil untuk campuran fla.
Campurkan jagung, air matang dan susu indomilk, kuning telur, blender. Lalu saring.
Masukkan ke dalam panci yang berisi agar – agar. Masak hingga campuran meletup – letup, mendidih. Masukkan ke dalam cetakan puding. Dinginkan.

Membuat fla
Rebus jagung pipil hingga matang dengan segelas air, masukkan susu indomilk dan keju cheddar. Aduk. Angkat.

Browies Resep Erlina Lim

Masih #dirumahaja nemenin anak2 ngerjain tugas sekolah, dan bukan tanpa drama 😀. Buat teman – teman yang masih ngantor (perusahaan blm memberlakukan work from home) seperti Pak suami yang tetap ngantor, keep pray, stay safe and healthy

Semoga cobaan ini cepat berlalu.

DSC02457-01-01-2898x3864

Buat yang #dirumahaja dan bikin camilan, boleh di coba nih brownies resep Erlina Lim, dari beberapa kali bikin brownies dengan resep beda2, resep ini yg paling cocok taste nya.

Bahan
150 g DCC
60 g butter
40 ml minyak
100 g tepung terigu
25 g coklat bubuk
10 g kopi
2 telur
150 gulpas
1 sdt vanili

Lelehkan DCC dan butter. Kocok gula dan telur hingga gula larut. Masukkan minyak, campuran DCC, tepung, coklat bubuk, kopi dan vanili.
Aduk hingga tercampur. Ukuran loyang yg saya gunakan 10 × 30 × 4
Panggang di oven yang sudah dipanaskan. Pemanggangan jgn terlalu lama (kematangan) krn menyebabkan brownies keras dan kering.

Screenshot_20200506-092823

Bolu Kojo

Foto Bolu kujo ini sebenarnya hasil praktik bulan november tahun lalu hehehe, kali pertama praktik bikin bolu kojo, bolu khas palembang. Sempat bingung waktu mau mempraktikkan bolu ini karena resepnya beda – beda, sampai ketemu resep bolu kojo ala chef Farah Quin yang simple di banding resep bolu kojo lain, jadilah langsung di eksekusi.

DSC01007-2171x1220-01

 

Boleh baca Roti Panggang 

Continue reading “Bolu Kojo”

Resep Puding Coklat

Puding Coklat

Ada yang ga suka puding di sini? Kalau pun ada mungkin satu dua ya hahaha. Diantara puding yang suka saya buat di rumah, puding coklat yang paling digemari. Kadang sampai bosen membuatnya karena pengennya bikin puding dengan resep baru, campur macam – macam buah – buahan tapi anak – anak kurang suka.

Puding-coklat

 

Continue reading “Resep Puding Coklat”

Sarikaya Pisang Keju

Sarikaya Pisang Keju.Jadi dua minggu lalu otak atik resep camilan buat ikutan lomba resep merek keju, camilannya enak, difoto dengan susah payah buat bisa menang. Iya motonya susah payah sampai puluhan take dan hasilnya biasa hahaha, beginilah kalau pemula. Hasil lombanya udah keluar dan saya kalah hehehe

DSC00228-01-2576x1932

 

Resepnya  simple banget dan bisa buat camilan buka puasa nanti.

Ide bikin sarikaya pisang buat lomba ini last minute karena melihat pisang di meja udah kematengan, anak – anak ditawarin ga mau karena kenyang. Oh ya saya beli pisang Canvendisnya juga yang harga obral jadi memang sudah matang banget hahaha. Mama Irit. Jadi kalau beli pisang cavendis saya memang suka milih yang masak banget karena rasanya lebih manis dan empuk. Tapi yang kemarin saya beli sih udah over matang hahaha jadi harus dihabiskan hari itu juga.

Cara membuatnya super mudah

Singkat cerita dua pisang yang tersisa dengan ukuran jumbo itu saya iris  – iris, tata dalam pinggang. Di mangkok terpisah campur  dua telur, 100 ml susu, 2 sdm gula pasir dan 3 sdm keju oles, kocok dengan whisk sampai tercampur. Lalu siramkan pada pisang yang sudah di susun tadi. Beri irisan daun pandan atasnya agar wangi. Kukus  kurang lebih 30 menit. Dimakan hangat atau dingin (masukin ke kulkas dulu)  sama – sama enak.

Puding Bunga Telang

Ada yang tahu bunga telang? Orangtua jaman dulu mengenal bunga ini sebagai obat yang bisa membersihkan mata bayi yang baru lahir. Caranya rendam bunga telang yang baru dipetik dalam air, air rendamannya diteteskan pada mata  bayi. Air bunga telang dipercaya dapat mengeluran kotoran dari mata bayi yang baru lahir. Bunga telang yang tumbuh liar ini sempat langka keberadaannya sampai kemudian bunga telang dikenal luas sebagai pewarna alami makanan. Kini banyak toko tanaman baik online maupun offline menjual bibit bunga telang. Harganya pun murah. Bunga telang termasuk jenis tumbuhan merambat dan tumbuh dengan cepat. Jadi jika menanamnya di rumah harus rajin di papas.

Cara mengolah bunga telang menjadi pewarna alami sangat mudah, tinggal merebus bunga telang dalam air. Takarannya dikira – kira, makin banyak bunga yang di rebus makin biru warna yang didapat.

Saya memakai sekitar 10 buah bunga telang dan direbus dengan segelas air untuk mewarnai puding yang terbuat dari 1 bungkus agar – agar.

DSC00073-2898x3864

Berikut resep lengkapnya

Bahan

1 bungkus agar – agar warna putih

5 sdm gula pasir

600 ml susu UHT plain

100 ml air rebusan bunga telang

1 lembar daun pandan

½ sdt garam

Cara membuat

Campurkan semua bahan dalam panci, panaskan dengan api sedang, aduk hingga mendidih. Tuangkan ke dalam cetakan. Dinginkan hingga membuka.

Mudah banget ya teman hehehe yang pasti camilan puding ini sangat disukai anak – anak di rumah dan bisa jadi bekal camilan ke sekolah.

Blog at WordPress.com.

Up ↑