Cake Pisang Coklat

Buat yang suka cake dengan tekstur lembut dan moist, manisnya sedang, nyoklat, harus coba resep cake pisang yang saya praktikkan dari akun food seleb @momylicious atau teh Ayudiahrespatih ini. . Yap, beda banget sama cake/bolu  pisang yang banyak di jual toko – toko kue.

Cake-pisang-coklat

Continue reading “Cake Pisang Coklat”

Advertisements

(Pinggiran) Roti Panggang

Siapa yang ga suka pinggiran roti? Kalau diminta memilih saya memilih roti tawar tanpa pinggiran sayangnya roti tawar tanpa pinggiran itu harganya lebih mahal jadilah saya selalu beli roti tawar yang ada pinggirannya walaupun kurang suka, anak – anak di rumah tidak suka juga pinggiran roti tawar alasannya keras.

Resep-masakan-praktis

Continue reading “(Pinggiran) Roti Panggang”

Resep Puding Coklat

Puding Coklat

Ada yang ga suka puding di sini? Kalau pun ada mungkin satu dua ya hahaha. Diantara puding yang suka saya buat di rumah, puding coklat yang paling digemari. Kadang sampai bosen membuatnya karena pengennya bikin puding dengan resep baru, campur macam – macam buah – buahan tapi anak – anak kurang suka.

Puding-coklat

 

Continue reading “Resep Puding Coklat”

Sarikaya Pisang Keju

Sarikaya Pisang Keju.Jadi dua minggu lalu otak atik resep camilan buat ikutan lomba resep merek keju, camilannya enak, difoto dengan susah payah buat bisa menang. Iya motonya susah payah sampai puluhan take dan hasilnya biasa hahaha, beginilah kalau pemula. Hasil lombanya udah keluar dan saya kalah hehehe

DSC00228-01-2576x1932

 

Resepnya  simple banget dan bisa buat camilan buka puasa nanti.

Ide bikin sarikaya pisang buat lomba ini last minute karena melihat pisang di meja udah kematengan, anak – anak ditawarin ga mau karena kenyang. Oh ya saya beli pisang Canvendisnya juga yang harga obral jadi memang sudah matang banget hahaha. Mama Irit. Jadi kalau beli pisang cavendis saya memang suka milih yang masak banget karena rasanya lebih manis dan empuk. Tapi yang kemarin saya beli sih udah over matang hahaha jadi harus dihabiskan hari itu juga.

Cara membuatnya super mudah

Singkat cerita dua pisang yang tersisa dengan ukuran jumbo itu saya iris  – iris, tata dalam pinggang. Di mangkok terpisah campur  dua telur, 100 ml susu, 2 sdm gula pasir dan 3 sdm keju oles, kocok dengan whisk sampai tercampur. Lalu siramkan pada pisang yang sudah di susun tadi. Beri irisan daun pandan atasnya agar wangi. Kukus  kurang lebih 30 menit. Dimakan hangat atau dingin (masukin ke kulkas dulu)  sama – sama enak.

Puding Bunga Telang

Ada yang tahu bunga telang? Orangtua jaman dulu mengenal bunga ini sebagai obat yang bisa membersihkan mata bayi yang baru lahir. Caranya rendam bunga telang yang baru dipetik dalam air, air rendamannya diteteskan pada mata  bayi. Air bunga telang dipercaya dapat mengeluran kotoran dari mata bayi yang baru lahir. Bunga telang yang tumbuh liar ini sempat langka keberadaannya sampai kemudian bunga telang dikenal luas sebagai pewarna alami makanan. Kini banyak toko tanaman baik online maupun offline menjual bibit bunga telang. Harganya pun murah. Bunga telang termasuk jenis tumbuhan merambat dan tumbuh dengan cepat. Jadi jika menanamnya di rumah harus rajin di papas.

Cara mengolah bunga telang menjadi pewarna alami sangat mudah, tinggal merebus bunga telang dalam air. Takarannya dikira – kira, makin banyak bunga yang di rebus makin biru warna yang didapat.

Saya memakai sekitar 10 buah bunga telang dan direbus dengan segelas air untuk mewarnai puding yang terbuat dari 1 bungkus agar – agar.

DSC00073-2898x3864

Berikut resep lengkapnya

Bahan

1 bungkus agar – agar warna putih

5 sdm gula pasir

600 ml susu UHT plain

100 ml air rebusan bunga telang

1 lembar daun pandan

½ sdt garam

Cara membuat

Campurkan semua bahan dalam panci, panaskan dengan api sedang, aduk hingga mendidih. Tuangkan ke dalam cetakan. Dinginkan hingga membuka.

Mudah banget ya teman hehehe yang pasti camilan puding ini sangat disukai anak – anak di rumah dan bisa jadi bekal camilan ke sekolah.

Rinnai Menemani Perjalanan Saya Belajar Memasak

Baru beberapa tahun terakhir ini saya menikmati aktivitas memasak tapi belum bisa dibilang hobi karena kadang masih bingung  mau masak apa hari ini? Hahaha. Atau kadang berasa capek jadi memutuskan beli masakan jadi. Tapi masih sering masak sih dibanding beli karena walaupun repot jatuhnya lebih irit. Apalagi si sulung bawa bekal makan siang karena sekolahnya sampai sore. Pak suami kadang minta bekal makan  siang juga dari rumah karena bosan dengan menu di tempat makan yang ada di sekitaran kantor.

20190227_091122-1536x1535
Yuk masak

Nggak nyangka juga saya akhirnya suka masak karena waktu gadis paling males dimintai Ibu bantu masak. Kalau akhirnya bantu ya ga sampai selesai, hanya bagian motong atau mencuci  sayuran, yang eksekusi masak Ibu, yang bumbui Ibu, kadang saya diminta nungguin aja biar ga gosong hehehe.

Continue reading “Rinnai Menemani Perjalanan Saya Belajar Memasak”

Lupis

Lupis salah satu jajanan pasar favorit saya dan Pak suami.  Minggu kemarin kedua kalinya praktik bikin lupis. Kalau hitung – hitungan waktu dan tenaga mending beli daripada bikin tapi karena menuntaskan rasa penasaran dan kepuasan batin jadilah bikin.

Continue reading “Lupis”

Blog at WordPress.com.

Up ↑